CARA MENGGANTI NAMA FOLDER SECARA MASAL

Lupas Rename 2000
langsung saja cara mengubah nama file (rename) cukup banyak file agar dari nama file tersebut sudah tergambar isi filenya. Jadi intinya menambahkan karakter di depan nama sebelumnya. Teringat adanya software untuk keperluan tersebut, dan akhirnya menemukan Lupas Rename. Langsung dibuka, seleksi file yang akan direname dan memilih opsi Insert before filename dan saya masukkan nama yang akan ditambahkan didepannya. Klik Rename dan selesai.


Setelah selesai, saya baru tersadar kalau dari Windows Explorer pun, untuk keperluan seperti itu bisa dilakukan, dengan menyeleksi seluruh file yang akan direname, klik kanan pilih rename. Hanya satu file yang akan aktif untuk direname, namun hasinya semua file yang diseleksi akan berubah namanya juga. Karena jarang mengaplikasikan, hal-hal seperti ini memang mudah terlupakan.

Kembali ke Lupas Rename, melihat fitur bagaimana cara kita akan mengubah sekumpulan file (dan juga folder), tentu lebih dari yang bisa dilakukan oleh Windows Explorer. Seperti memberlakukan pada file-file di dalam folder di bawahnya (rekursif), penomoran dari nomor yang ditentukan, pemfilteran file yang akan diubah namanya, dan sebagainya. Jadi, jika memang memerlukan software untuk mengubah nama secara massal dan tidak diakomodasi Windows Explorer, coba saja Lupas Rename yang sifatnya freeware ini.
Download Lupas Rename

1 comments: